Menjual Lebih Mudah Dengan Hypnoselling - KHAFA SKIN CARE

Menjual Lebih Mudah Dengan Hypnoselling

2 tahun yang lalu

MENJUAL LEBIH MUDAH DENGAN HYPNOSELLING BIODATA TRAINER:

Nama : Shufi Zainal M, C.H, C.Ht, CI, CNNLP

Email : shufizainalm@gmail.com

Karir:

1. President Of Super Smart Hypnosis

2. President of Privat Hipnotis Tasikmalaya

3. President Of Miracle Magic Management

4. Certified Hypnosis from IBH dan ISHH

5. Certified Hypnotherapist from IBH dan ISHH

6. Trainer and Motivator of Super Smart Hypnosis

7. Owner of Magic Shop Tasikmalaya

8. President of Magic dan Dakwah

9. Founder of Magic Teaching

10.Teacher at MTs/Ma Al furqon Singaparna

 

KUNCI KEBERHASILAN HIPNOTIS

• BERANI (BISA, BERLATIH, MENCOBA, MENJADI AHLI HIPNOTIS)

• PERCAYA DIRI TINGGI

• YAKIN PASTI BISA

• SADARI ANDA ADALAH ORANG YANG LUAR BIASA, TERLAHIR MENJADI SEORANG PEMENANG

 

ISTILAH-ISTILAH HYPNOSIS/HIPNOTIS?

• HYPNOSIS: Perubahan tingkat kesadaran

• Hypnotist : Orang yang melakukan Hypnosis

• HIPNOTIS? : Serapan dari bahasa Inggris ke B.indonesia

• Suyet/Klien/Subject : Orang yang dihipnotis

• Trance : Keadaan Tidur Hypnosis yang dalam

• Sumnambulism : Tidur Hypnosis yang sangat dalam

• Post Hypnosis: Sugesti yang diberikan setelah selesai proses Hypnosis

 

APA ITU HyPNOSIS?

• Hipnotis adalah: Penembusan Faktor Kritis Pikiran Sadar, diikuti dengan diterimanya suatu ide, pemikiran, atau Instruksi.

• Hypnosis diambil dari kata HYPNOS artinya tidur, tapi hypnosis itu sendiri bukanlah tidur, tetapi keadaan mirip tidur.

• Hypnosis BUKAN menghilangkan kesadaran, BUKAN juga membuat orang tertidur, TIDAK memakai mantra atau jampe2, tidak ada ritual khusus, dan bukan aktifitas per-DUKUNAN...

 

GELOMBANG OTAK

1. Gelombang Beta ( 12 – 40 Hz ) Gelombang otak dengan frekwensi paling tinggi dan paling sering dipakai oleh manusia. Masyarakat kita menyebut Beta sebagai “pikiran sadar”. Saat Beta aktif maka pikiran manusia mempunyai sistem pertahanan berupa penyaring informasi yang disebut dengan “area kritik”.

2. Gelombang Alpha ( 8 – 12 Hz ) Gelombang Alpha merupakan area sugestif berhubungan dengan kondisi pikiran yang rileks dan santai. Alpha merupakan jembatan penghubung menuju alam bawah sadar. Dalam Alpha, area kritik dari gelombang Beta mulai melemah sehingga semua informasi bisa masuk kedalam pikiran manusia tanpa penyaring yang kuat. Kita juga bias mengingat gambaran mental dalam pikiran dan merasakan sensasi di seluruh indera kita dengan lebih maksimal.

3. Gelombang Theta ( 4 - 8 Hz ) Gelombang Theta sering kita rasakan saat kita tertidur dan bermimpi. Kadang-kadang mimpi yang kita alami bisa meninggalkan rasa takut mendalam atau kebahagiaan yang luar biasa dalam pikiran kita dan bahkan perasaan tersebut bisa terbawa sampai kita terbangun padahal kita jelas mempunyai pengetahuan bahwa kita tidak benarbenar mengalaminya. Theta merupakan wujud utuh dari pikiran bawah sadar. Theta merupakan tempat penyimpanan ingatan jangka panjang dan jangka pendek berupa inspirasi, kenangan, sensasi dan perasaan manusia yang kebanyakan terlupakan oleh pikiran sadar. Dalam Theta, area kritik benar-benar nonaktif sehingga sugesti yang ditanamkan dalam kondisi Theta bisa langsung diterima dan dijalankan oleh pikiran manusia.

4. Gelombang Delta ( 0,1 - 4 Hz ) Gelombang otak dengan frekwensi terlemah yang kita rasakan saat tertidur sempurna tanpa mimpi. Dalam gelombang Delta, manusia mengalami proses istirahat untuk pemulihan dirinya. Ini adalah satu-satunya gelombang yang terputus dari dunia luar sehingga komunikasi maupun rapport tidak bisa dijalin pada gelombang Delta.

 

FUNGSI FIKIRAN SADAR

• Mengidentifikasi informasi yang masuk,

• Membandingkan

• Menganalisis

• Memutuskan

 

TUGAS SEORANG HYPNOTIST MEMATAHKAN INI SEMUA

5 CARA MASUK KE PIKIRAN BAWAH SADAR

1. Pengulangan (Repetisi)

2. Identifikasi Kelompok/Keluarga

3. Ide yang disampaikan oleh Figur yang dianggap memiliki Ororitas

4. Emosi yang Intens

5. Kondisi Alpha/Rileks/Hipnotis

 

PIKIRAN BAWAH SADAR

• Pikiran Bawah Sadar berisikan database yang mencerminkan diri kita. Tentang Kebiasaan, Emosi, Kreatif, Kepribadian, Beliefe, memori jangka panjang, persepsi.

• Database itu merupakan akumulasi dari berbagai pemahaman, pengalaman, bahkan penularan sejak lahir sampai pada saat ini.

• Pikiran Bawah Sadar sifatnya NETRAL. Tidak membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

• Sesuatu yang masuk ke dalam bawah sadar, maka akan dianggap hal yang BENAR, meskipun secara sadar adalah SALAH.

 

TAHAPAN MENGHIPNOTIS

1. PRA INDUKSI DAN TES SUGESTI: Tahapan sebelum menghipnotis.

2. INDUKSI: Tahapan untuk membawa orang masuk ke dalam keadaan hipnotis atau rilex.

3. DEEPENING: Pendalaman hipnortis atau pendalaman relaksasi suyet.

4. SUGESTI: Tahapan pemasukan ide atau instruksi.

5. TERMINASI: Tahapan membangunkan.

 

HYPNOSIS DALAM HYPNOSELLING

A. MENCIPTAKAN TRANCE SEBELUM PERSUASIF

Trance adalah kondisi ketika pikiran bawah sadar aktif atau ketika pikiran sadar tidak sepenuhnya memegang kendali. Ketika seseorang mencapai trance, maka sangat mudah untuk bisa dimasukan sugesti. Ada 3 fase trance dalam hypnoselling:

1. Trance ringan: kondisi ini orang hanya memasuki gelombang otak alfa. Kondisi ini sama dengan kondisi orang yang sedang melamun. Belum begitu dalam sehingga pikiran sadar masih bisa memegang kendali dan orang masih bisa melakukan penolakan.

2. Trance sedang: dalam kondisi ini, gelombak otak orang sudah mulai turun dari alfa ke theta. Orang akan mudah menunjukan kondisi ini. Kondisi yang tenang, rileks, dan terbuka. Ketika orang sudah masuk di gelombang theta, maka seseorang sudah mudah untuk di masukan sugesti.

3. Trance dalam: dalam kondisi ini, orang merasa nyaman dan sangat rileks. Orang sudah benar benar berada di dalam gelombak theta dalam. Sehingga orang sudah masuk ke area hypnosis. Dalam kondisi inilah orang sudah tidak bisa melakukan penolakan, dan anda bisa melanjutkan ke tehnik berikutnya.

B. MEMASUKI TRANCE DALAM HYPNOSELLING

Ada beberapa vareasi tentang bagaimana seseorang masuk ke area trance dalam hypnoselling.

1. Orang masuk ke area hypnoselling seprti normalnya pada hypnosis langsung. Artinya seseorang dibuat tertidur lelap dalam kondisi gelombang otak di theta.

2. Membuat seseorang lebih terfokus, lebih santai, dan terbuka terhadap saran.

3. Kondisi kesadaran yang berubah menjadi semakin tinggi (super sadar) yang ditandai dengan peningkatan sugesti dan penerimaan terhadap arahan.

4. Terjadinya perasaan terpesona dan tertarik dari pembeli kepada sales. Dari variasi ini bisa disimpulka bahwa kondisi trance hypnoselling adalah kondisi hypnosis dengan tanpa tertidur lelap seperti pada kondisi hypnosis direct.

C. MENJALIN RAPPORT (KEDEKATAN)

Setelah anda menciptakan kondisi trance pada pelanggan, maka jalin lah kedekatan dengan dia. Bagian ini menjadi sangat inti dan penting karena rapport dapat menciptakan hubungan kedekatan factor psikologis antara seorang sales dengan calon pelanggan. Dalam menjalin kedekatan ada beberapa factor penting yang menjadikan rapport ini berhasil:

1. Factor fisiologis (fisik, panca indra). Factor ini berhubungan erat dengan kesan awal yang diterima oleh panca indra calon pelanggan terhadap pelaku hypnoselling. Factor ini meliputi VAK. Visual, Audio, Kinestetik. Anda harus bisa menciptakan 3 hal ini menjadi menarik bagi calong pelangga. Contoh, bagaimana anda menciptakan visual anda lebih menarik, dari mulai diri anda, tempat kerja anda, kemasan produk anda, dll. Audio meliputi suara, nada suara, bagaimana sapaan anda, pertanyaan pertanyaan anda, music yang mengiringi pembicaraan anda. Kinestetik menciptakan rasa yang nyaman. Contoh dari mulai tempat duduk yang nyaman, wangi wangian yang semerbak, warna warna yang indah.

2. Factor kedua adalah factor psikologis. Sang pelaku hypnoselling mesti bisa menciptakan kenyamanan bagi pelanggan. Seorang sales wajib memiliki keterampilan untuk menciptakan suasana menjadi nyaman, hangat, dan bersahabat. Buatlah suatu kondisi dimana antara sales dan pelanggan itu seolah olah sudah menjadi teman dekat. Bukan malahan menciptakan suasana yang asing dan kaku.

D. PEMBERIAN SUGESTI ATURAN DALAM MEMBERIKAN SUGESTI:

1. Sederhana dan dapat diterima oleh calon pelanggan. Gunakan bahasa yang sesuai dengan pelanggan dari mulai usia, akrakter, pendidikan, dll. Gunakan juga tehnik junjungan untuk mengikat sugesti anda. Contoh: “ANDA ORANGNYA BERKLIT PUTIH, anda sangat cocok menggunakan produk ……… karena produk ini membantu melindungi kulit anda dari bahaya radiasi dan ultra violet.

2. Terfokus pada tujuan, bukan pada larangan Sebisa mungkin anda menghindari kalimat kalimat yang mengandung unsure negasi. Contoh: tidak, jangan, dan bukan. “anda TIDAK cocok menggunakan produk tersebut” maka pesan yang diterima oleh dia adalah “anda cocok menggunakan produk tersebut” “anda jangan memakai produk lain sebelum mencoba produk kami” Pesan yang diterima adalah: “anda pakai produk lain sebelum mencoba produk kami” INGAT bahwa pikiran bawah sadar akan menerima pesan dalam bentuk gambar atau symbol. Contoh “anda tidak cocok menggunakan produk itu” dalam sugesti itu anda mencoret produk yang anda larang. Maka pesan yang sampai adalah berbentuk imajinasi logo produk yang dicoret. Meskipun ada coretan, tetapi pikiran bawah sadar menampilkan logo itu. Maka sugesti yang anda berikan tertuju pada tujuan anda. Contoh: “untuk tipe kulit anda, produk kami ini sangat cocok digunakan karena dapat benar benar melindungi kulit anda dari radiasi dan ultraviolet”

3. Gunakan kata kata yang jelas

4. Gunakan penanda waktu sekarang

E. TERMINASI (DIBAHAS PADA BAB CLOSING).

TRIK MENJUAL DENGAN HYPNOSELLING

Hal-hal yang mesti dihindari ketikan ingin melakukan praktik hypnoselling:

a. Takut ditolak

b. Gengsi untuk Menjual

c. Malu untuk Menjual

d. Tidak enak untuk Menjual

 

1. TRIK MEMBANGUN KEPERCAYAAN

Kepercayaan poko utama dalam jual beli. Terkadang orang rela membeli dengan harga lebih mahal dari yang lain dikarenakan kepercayaan terhadap penjual itu tinggi. Dalam membangun kepercayaan kepada calong pelanggan, ada beberapa hal yang mesti dilakukan:

a. PD. Untuk membangun kepercayaan diri tinggi, bisa digunakan tehnik reframing.

b. Kelola emosi. Anda harus bisa mengontrol emosi dalam diri anda. Bila ada pelanggan yang menolak barang atau jasa anda, maka anda tetaplah bersikap positif pada mereka. Tetaplah berikan pelayanan terbaik, tersenyum dan mempersilahkan pelanggan untuk memilih, membeli di lain waktu. Karena bisa jadi karena sikap anda itu, pelanggan menjadi lebih tertarik dan lebih percaya pada anda. Ada dua sebab pelanggan menolak untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan: pertama, karena dia ingin memilih yang terbaik menurut dia. Kedua, karena ia menunggu waktu yang tepat untuk membeli. Oleh karena itu, tetaplah bisa mengontrol emosi di hadapan pelanggan.

c. Menjaga penampilan. Sebelum pelanggan membeli barang atau jasa anda, terlebih dahulu dia akan menilai apa yang terlihat. Karena mau tidak mau, apa yang dilihat itulah yang menjual. Oleh karena itu, usahakan agar tetap bisa menjaga penampilan terbaik anda. Penampilan yang menarik akan lebih banyak diminati oleh pelanggan. Dan begitu sebaliknya.

d. Menjaga integritas. Dalam menjual, anda harus menjadi diri anda sendiri, artinya anda harus tetap memberikan pernyataan sesuai dengan produk yang anda tawarkan. Jangan menjadi orang lain dengan membuat pernyataan yang tidak benar atau tidak sesuai dengan prosuk anda. Hal ini agar menghindari kekecewaan pelanggan.

 

2. TRIK MENCAIRKAN SUASANA

Proses menjual ala hypnoselling adalah proses terjalinya kepercayaan dan juga keakraban, bukan sekedar deal atau tidaknya suatu barang terjual. Oleh sebab itu, ketika komunikasi menjadi vakum, maka hal yang harus dilakukan adalah mencairkan suasana. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

a. Humor. Humor bukan hanya merupakan rahasia dari semua keahlian dalam membina hubungan dengan orang lain, tetapi juga humor merupakan bagian kunci sukses dari penjualan. Humor menjadikan suasana yang awalnya kaku menjadi hangat. Dengan demikian pelanggan merasa nyaman dengan anda, dan akhirnya melakukan pembelian terhadap tawaran anda. Dalam mengutarakan humor, anda usahakan tidak berlebih karena anda berada dalam forum penjualan.

b. Pujian. Alam bawah sadar setiap orang memiliki sifat ingin mendapatkan pujian. Oleh karena itu, pujilah beberapa pujian wajar kepada pembeli agar pembeli merasa tersentuh hatinya. Kalau lah pembeli sudah tersentuh, maka pengkondisian hypnosis lebih lebih mudah.

c. Pertanyaan. Tanyakan beberapa pertanyaan yang sewajarnya. Missal; keluarga, pekerjaan, hobi, kebiasaan, dll. Tanyakan daerah dia berasal, lalu anda berpikir untuk bisa menyambungkan pembicaraan yang bersangkut paut dengan daerahnya.

Contoh, apabila pembeli berasal dari sumedang, maka bisa disambungkan dengan makanan cirri khas sumedang yaitu tahu. Bahas lebih dalam mengenai tahu, dengan demikian pembeli merasa lebih di horamati, dan diperhatikan.

3. TRIK MENGGALI KEBUTUHAN

Sebelum anda menawarkan barang atau jasa anda, hal yang harus anda lakukan adalah menggali kebutuhan calon pelanggan. Jangan sampai anda menawarkan produk atau jasa tidak sedang diinginkan calong pelanggan. Contoh. Anda punya produk berupa motor Honda Tiger. Walaupun barang anda itu terbilang bagus dan menarik, tetapi tidak bisa laku apabila anda menawarkannya kepada orang yang justru sedang mencari motor supra 123.

Buatlah data base untuk keperluan ini. Anda kumpulkan dan gali lebih dalam apa yang dibutuhkan oleh calon calon pelanggan anda. Seperti halnya McDonald yang sangat rajin mengumpulkan data para pelanggannya sehingga mereka bisa membuat menu menu yang baru sesuai apa yang dibutuhkan pelanggan.

 

4. TRIK CARI SOLUSI.

a. Solusi saat pelanggan mengeluhkan terhadap HARGA produk anda.

Pelanggan: “mas, ko harganya mahal ya”

Sales: “maaf mba, produk kami dilengkapi dengan (sebutkan fasilitas dan fiturnya), sehingga memang harganya TERLIHAT leibh mahal, padahal sebenarnya khusus untuk produk kami ini harganya justru lebih murah dilihat dari fasilitas yang kami berikan”

Pelanggan: “produk yang lain juga memiliki fasilitas seperti itu, harganya bisa lebih murah”

Sales: “ya, itulah perbedaannya mba. Kami mematok harga seperti ini, karena bisa dilihat dari kualitas produk kami ini”

Pelanggan: “saya bingung. Harganya terlalu tinggi”

Sales: “saya mengerti yang mba rasakan, karena dulu saya juga pernah merasakan hal seperti ini. Mahal karena dilihat dari kualitas produk ini. Sehingga menurut kami, harga segini pas dengan kualitas barangnya. Dan biasanya dengan harga lebih murah kualitasnya pun semakin rendah”

Pelanggan: “saya piker piker dulu”

Sales: “o iya mba. O, dulu saya pernah beli hp dengan harga yang lebih muradh dari yang lain. Setelah 3 minggu saya pakai, eh kameranya rusak dan saya ga bisa gunain lagi untuk berfoto. Kemudian sinyal dari hp tersebut mendadak banyak gangguan. Dan saya berpikir kualitas hp ini sesuai dengan harganya” (over load message).

Pelanggan: “terimakasi mas. Mungkin lain waktu. Saya piker piker terlebih dahulu”

Sales: “sama sama mba. Silahkan hubungi saja saya jika dilain waktu mba sudah dapat keputusan untuk membeli produk kami” (kasih kartu nama).

 

b. Mengeluhkan kualitas.

Pelanggan: “mas, saya kemaren kecewa membeli hp ini. Setelah saya gunakan sebulan, LCD nya rusak”

Sales: “hal semacam itu biasa pak. Biasanya kualitas sebanding lurus dengan merk barang itu”

Pelanggan: “lah, kualitas hp yang bagus itu yang bagaimana?”

Sales: “nah yang seperti ini pak. Kualitas dari merk ini terjamin. Yakin bapak tidak akan kecewa dengan merk ini.

Pelanggan : “untuk masalah harga bagaimana?”

Sales: “harga seuai dengan kualitas pak. Sekarang bpk ingin hp yang bagaimana?

Pelanggan: “saya ingin hp yang fiturnya……………”

Sales: “oke pak, saya carikan terlebih dahulu”

 

5. TRIK CLOSING

Ada dua alasan ketika closing tidak berhasil: pertama, karena pikiran bawah sadar calon pelanggan tidak menginginkan atau menolak produk yang ditawarkan. Kedua, karena sales kurang tepat dalam melakukan closing.

Contoh pertanyaan closing yang kurang benar: “bagaimana pak, jadi atau tidak?” hal ini akan mengganggu pembeli. Sehingga kemungkinan besar dia tidak jadi membeli.

Beberapa tehnik hypnoselling yang mesti digunakan seperti ini:

“Maaf pak, bapak mau produk warna apa, merah atau hitam? Biar saya carikan” “Bapak bayarnya pakai kartu kredit atau langsung?”

Atau anda gunakan yes set system. Yaitu tehnik memaksa orang agar menjawab ya.

Usahakan pertanyaan yang diajukan pasti jawabannya ya.

Sehingga semain lama pikiran bawah sadarnya semakin terbuka dan deal dengan tawaran anda.

Sebagai sales mestinya harus mengetahui keinginan dari calon pelanggan:

a. Kepuasan, kenyamanan, kesenangan, dan keakraban

b. Terlihat lebih tampan, gagah, perkasa, cantik, seksi, menarik, dan indah

c. Bersenang-senang, kenikmatan, gairah, hiburan, kesehatan, keamanan, ketentraman, prestasi, penghargaan dsb.

 

6. TRIK AFTER SALES

Dalam hypnoselling tidak hanya membahas bagaimana produk anda terjual, tetapi juga bagaimana menciptakan keakraban, kedekatan, dan kepercayaan dengan pelanggan sehingga mereka melakukan REPEAT ORDER. Inilah triknya. Ada 3 tahapan trik after sales.

a. Trust. Sebuah kepercayaan sangat MAHAL harganya malahan lebih mahal dibanginkan dengan produk itu sendiri. Jadi, sebelum terjadinya transaksi maka sales harus membentuk believe system terhadap pembeli sebelum pembeli itu mempercayai produknya. Karena kalau sudah terjadin kepercayaan, maka produk apa pun akan mudah terjual.

b. Personalized. Artinya secara bahasa adalah perorangan. Perlakukanlah setiap pelanggan dengan cara yang special. Kita tahu bahwa setiap pelanggan merupakan individu yang berbeda. Oleh karena itu, perlakukan setiap pelanggan sesuai dengan karakternya. Maka bagi sales professional dia harus mengetahui karakter pelanggan. Salah satu cara untuk bisa memasuki dan mengetahui karakternya adalah dengan mengamati setipa ucapan, dan pergerakan pelanggan. (pembahasan lebih dalam pada materi VAK)

c. Knowledge. Pengetahuan tentang pelanggan, kepuasan pelangga, plus minus dari produk anda. Lakukan berbagai macam usaha untuk bisa mengetahui hal itu.

Contoh perusahaan besar yang sering melakukan tehnik ini adalah perusahaan seluler. Missal nokia. Bagaimana perusahaan ini memberikan garansi besar besaran terhadap produknya, sehingga dengan melakukan hal ini, maka perusahaan itu akan mengetahui plus minus dari produknya. Begitu juga dengan salah satu perusahaan rokok terbesar. Sampoerna. Dengan rutin mengirimkan kartu ucapan selamat untuk hari hari istimewa kepada para distributor mulai dari agen hingga pengecer.

 

YES SET SYSTEM

- Building Rapport (membangun kedekatan):

- Pacing (penyamaan persepsi atau penyamaan gelombang otak)

- Mirroring (penyamaan Gesture) - Leading (Memimpin) - Analog Marking (memberikan penanda)

- Single binding pattern: ……………… Atau …………….

- Double binding pattern: Semakin …………….. Semakin …………

- VAK (VISUAL, AUDIO, KINESTETIK)

- SUBLIMINAL MESSAGE YES SET SYSTEM

 

SELAMAT MENCOBA

KEGAGALAN HANYA BAGI MEREKA YANG BERHENTI MENCOBA BERANI GAGAL PASTI SUKSES MANTRA SUKSES:

1. BERUSAHA SEMAKSIMAL MUNGKIN

2. BERDOA SEKUAT MUNGKIN

3. BERMIMPI SETINGGI MUNGKIN

 

SUPER SMART HYPNOSIS INDONESIA